Rabu, 11 Maret 2015

Sunber-Sumber Cahaya

Cahaya menurut Newton (1643-1727) adalah : Terdiri dari partikel-partilkel ringan berukuran sangat kecil yang dipancarkan oleh sumbernya ke segala arah dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Menurut Huygens (1629-1695), cahaya adalah gelombang seperti bunyi. Perbedaan antara keduanya hanya pada frekuewensi dan panjang gelombang saja.
Jadi cahaya secara umum adalah Jenis gelombang yang merambat tanpa memerlukan Medium. Sebagai contoh : Cahaya Matahari dapat sampai ke bumi walaupun melewati ruang hampa udara. Cahaya merupakan gelombang Elektromagnetik.

Benda-benda yang dapat memancarkan cahayanya sendiri disebut Sumber Cahaya. Contoh sumber cahaya adalah Matahari, Lampu Pijar, Lampu lilin, nyala api, kunang-kunang, dan lain-lain.
v  Matahari
Matahari merupakan Benda Sumber cahaya yang memancarkan sinarnya sendiri, dan Matahari juga merupakan pusat tata surya dengan suhu 6.000 Kelvin. Sumber kalor di  matahari merupakan hasil reaksi fusi atam hidrogen. Matahari adalah sebuah bintang yang terdekat dari bumi. Jarak rata – rata bumi ke matahari adalah 149.600.000 Km.Jarak ini disebut satu satuan astronomi (SA atau AU = Astronomical Unit).
v  Lampu Pijar
Lampu pijar adalah sumber cahaya  buatan yang dihasilkan melaluipenyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.
Lampu pijar dipasarkan dalam berbagai macam bentuk dan tersedia untuk tegangan (voltase) kerja yang bervariasi dari mulai 1,25 volt hingga 300 volt. Energi listrik yang diperlukan lampu pijar untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya seperti diode cahaya, maka secara bertahap pada beberapa negara peredaran lampu pijar mulai dibatasi.
Di samping memanfaatkan cahaya yang dihasilkan, beberapa penggunaan lampu pijar lebih memanfaatkan panas yang dihasilkan, contohnya adalah pemanas kandang ayam, dan pemanas inframerah dalam proses pemanasan di bidang industri.
v  Kunang-Kunang

Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.